Missing Pesantren Ramadhan for 3 years

15.26.00 doniapa 0 Comments

indikator keberhasilan pesantren ramadhan adalah ketika pesertanya sedih pesantren ramadhan telah berakhir
Well, yang diatas merupakan status via fb dari salah seorang teman saya yang telah usai melaksanakan Pesantren Ramadhan 1432H ini. Teman-teman udah pada tau apa itu Pesantren Ramadhan?



Pesantren Ramadhan adalah kegiatan pendidikan agama bagi seluruh siswa siswi di kota Padang yang berlokasikan di masjid/mushalla terdekat dari rumah siswa tersebut selama bulan Ramadhan. Untuk tahun ini kegiatan tersebut berlangsung selama 25 hari atau mulai dari tanggal 2 Agustus 2011 hingga 25 Agustus 2011 yang berarti telah selesai pada hari Kamis kemaren. Oh iya, kabarnya kegiatan Pesantren Ramadhan di kota Padang, yang telah dimulai sejak tahun 2006 ini menjadi percontohan untuk semua kota/kabupaten di Sumatera Barat. Jadi dengan kata lain, yang melaksanakan Pesantren Ramadhan untuk tahun ini bukan hanya di Padang, melainkan di seluruh kota di Sumatera Barat. Cool..!!

Well, kenapa judul tulisan ini  'Missing Pesantren Ramadhan for 3 years'? Karena saya sudah tiga tahun ini tidak mengikuti kegiatan tersebut, dikarenakan saya bersekolah di negeri orang alias bukan di Padang. Mau tidak mau yaa mau diapakan lagi? It's ok lah... tapi kenapa disana dijudulnya terdapat kata 'missing'? Ya, dikarenakan momen-momen berpuasanya benar-benar terasa. Bayangkan, selama satu bulan tersebut kita tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah alias LIBUR..!!! Trus belajarnya dipindahkan ke masjid/mushalla di dekat rumah, belajar ilmu agama. Beda sekali dengan sekolah saya sekarang, di bulan Ramadhan ini tetep harus belajar mati-matian dikarenkan ulangan ini dan itu. uhh... capek..!!

Keunggulan lainnya, kita bisa lebih mengenal teman-teman sekitar rumah dan bisa saling tukar informasi, kan kita semua berasal dari sekolah yang bebeda-beda, jarang-jarang bisa ngumpul kaya gini bermain sambil belajar. Sebenarnya jadwal kegiatannya ga terlalu lama karena sistemnya sistem rolling gitu, seingat saya begini, misalnya untuk peserta SD dari pukul 07.00 hingga pukul 09.00, SMP dari pukul 09.00 hingga Zuhur, dan untuk SMA dari Zuhur sampai Ashar, itu jadwal untuk minggu pertama, ntar di minggu ke dua, jadwal tersebut diganti, misalnya SMAnya yang pagi, trus di rolling lagi, biar jadinya ga monoton dan peserta Pesantren Ramadhan ga bosan.


Kegiatan yang dilakuin juga ga sebatas ceramah materi doang ko, memang kalo untuk ceramah, harus ada yang memberikan yakni ustad-ustad dari luar yang telah dijadwal. Namun, disana panitia Pesantren Ramadhan menyiapkan banyak games-games baik yang individual maupun berkelompok, lebih banyakan yang berkelompok kayanya. Dan diakhir kegiatan Pesantren Ramadhan ada ujiannya juga lho..! uhh,, ga di sekolah doang ternyata yang namanya ujian, disini juga ada, baik itu ujian tulis maupun ujian praktek (ga tau juga sih taun belakangan ini gimana), trus malam sebelum penutupan ada muhasabah..! ini nih yang seru. kita benar-benar dibuat sadar akan semua kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat. Saya denger dari rumah bagaimana kegiatan ini berlangsung, walau saya ga terlalu fokus sih, coz saya tak ikut kegiatan ini lagi. Dan di malam penutupan ini ada semacam award-award yang diberikan oleh panitia kepada peserta ramadhan. Ini juga yang paling ditunggu-tunggu lho..!

Saya mengikuti pesantren mulai dari kelas 6 SD hingga kelas 3 MTs, banyak lho award yang telah saya raih #pamer nih ceritanya.. ya ga lah (cuma berbagi dikit doang ko).. diantaranya ya, ada peserta terbaik (siswa teladan) pas kelas 6 SD, dan 2 MTs dan 3 MTs, ga tau kenapa tuh dapat mulu..! trus ada Shalat Subuh terJama'ah, Tahfidz terbanyak, halah padahal kalo diitung-itung ga sebanyak seperti yang anda banyangkan teman... haha.. Oh, itu semua mungkin karena saya dulu berasal dari MTsN Model Padang, sedangkan teman-teman yang lain dari SMP, jadi setidaknya saya mulai menghafal ayat-ayat yang disuruh sebelum ikut pesantren... waah.. ga nyangka juga.. Trus lomba-lomba antar kelompok juga ada, menang cerdas cermat, apa lagi tuh, shalat jenazah (eh ada nga yah??) ga tau.. pokoknya seru dah Pesantren Ramadhan. Really!  #apa lagi kalo dapat banyak hadiah, dor!

Well, in the end of this writing, walau udah tiga tahun ga ikut Pesantren Ramadhan lagi tapi saya tidak terlalu menyesal, dikarenakan apa? Karena saya bersyukur bisa bersekolah di MAN Insan Cendekia Serpong dan bertemu dengan semua orang dari banyak suku dan daerah-daerah di Indonesia like Jakarta, Aceh, Riau, Jabar, Jatim, Jateng, semuanya dah..! Di sekolah saya sekarang ini juga banyak kegiatan yang hanya ada disaat bulan Ramadhan seperti Bangunin Sahur, Tarling(Taraweh Keliling), Buka bareng kelas, komunitas, angkatan, 3 angkatan, dll, pokoknya benar-benar seru..!! Dan Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan terakhir di Insan Cendekia, wah.. (#sama kaya postingan teman-teman saya juga nih) sedih juga ntar ga bisa sahur bareng, ngisi broad casting pas bangunin sahur, buka bareng teman-teman, dan sholat taraweh dan WITIR juga. Kenapa witir ada penekanannya? teman-teman di IC pasti tau, Ramadhan tahun ini benar-benar berkesan tarawehnya trutama witir. Ada Syeikh Abdul Aziz yang jadi imam terus selama taraweh tahun ini, tujuannya agar ayat/surat yang dibaca abis al-fatihah tidak putus alias bersambungan terus..! ya, that's very cool..!! tapi, khusus pas witir ada qunutnya dan itu sangat lama... mau coba? #gimana caranya?? haha

Oh, oke balik ke topik pembicaraan. Jadi, walau saya missing Peantren Ramadhan, tapi itu semua bisa tergantikan dengan Pesantren Ramadhan ala Insan Cendekia yang diisi  dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Makasi semuanya. Alhamdulillah.


You Might Also Like

0 comments: