Laporan Tutorial

23.30.00 doniapa 8 Comments

Seperti yang telah saya jelaskan di postingan sebelumnya, kali ini saya ingin memaparkan lebih lanjut mengenai 7 jumps pada tutorial saya yang pertama kali ini. Langsung saja.


SKENARIO 1 : INGIN JADI DOKTER

Medika, 19 tahun seorang mahasiswi FK semester IV sangat senang ketika mengetahui adik laki-lakinya dinyatakan lulus SNMPTN tahun ini dan diterima di FK yang sama dengan dirinya. Meskipun senang, Medika juga khawatir, jika adiknya terkejut dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan metode pembelajaran yang saat ini diterapkan di kampusnya. Medika segera pulang kampung, tak sabar ingin bercerita dengan adiknya.
Sesampainya di kampung, Medika langsung memberikan ucapan: “Welcome to the jungle of medicine, dik..., mari kita berjuang bersama.” “Sepertinya menyeramkan, ya Kak?”, tanya adik Medika. Sambil tertawa Medika mengatakam bahwa itu hanya slogan untuk membakar semangat kita, kemudian Medika menjelaskan tentang KBK yang saat ini digunakan untuk pendidikan dokter serta PBL sebagai metode pembelajarannya. “Sekarang kuliah tidak banyak lagi diberikam Dik, mahasiswa yang harus aktif belajar dan mencari materi dari berbagai sumber pembelajaran.” Dari penelitian ternyata metode ini akan membuat mahasiswa jadi lebih mandiri, mampu menilai kemampuannya sendiri serta terbiasa belajar sepanjang hayat. Continuing Professional Development (CPD) tetap harus dilakukan walaupun sudah jadi dokter supaya tidak ketinggalan zaman, misalnya dengan mengikui simposium, kursus, dan lain-lain.
Aktivitas belajar saat ini lebih bervariasi, ada skills lab, pratikum, dan lainnya. Ujiannya tidak hanya ujian tulis, tapi juga ada ujian keterampilan. Medika juga menjelaskan tentang perlunya belajar cara menganalisis istilah medis agar lebih mudah melaksanakan step 1 dari seven jump dalam diskusi. Setelah selesai memberikan penjelasan tentang pendidikan di FK kepada adiknya, kemudian Medika menyelesaikan tugas tentang EBM yang diberikan oleh dosennya.
Bagaimana anda menjelaskan pendidikan di fakultas kedokteran?



SEVEN JUMPS
·      Step 1 : Terminologi dan Konsepnya
a.    Simposium
   : seminar atau pertemuan terbuka dengan beberapa narasumber ahli,     seperti dokter dengan aspek yang berbeda terkait suatu masalah.
b.    CPD (Continuing Professional Development) 
  : pendidikan yang berkelanjutan dengan tetap mengeksplor atau meng-updtae ilmu pengetahuan.
c.     KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) 
  : kurikulum berdasarkan kemampuan dan keterampilan yang harus dicapai sebagai penentuan kualitas lulusan.
d.    EBM (Evidence Based Medicine) 
     : pengobatan kepada pasien berdasarkan bukti dan kebenaran.
e.    Skills lab 
     : keterampilan yang bersifat klinis

·      Step 2 : Rumusan Masalah
  1. Bagaimana sistem KBK di FK Indonesia?
  2. Mengapa PBL dijadikan sebagai bentuk pembelajaran di FK?
  3. Mengapa sekarang seorang mahasiswa dituntut mandiri dan aktif?
  4. Bagaimana cara menilai kemampuan diri sendiri dan membiasakan diri untuk belajar sepanjang hayat?
  5. Mengapa dokter dituntut belajar sepanjang hayat?
  6. Apa saja macam-macam ujian selain ujian tulis dan keterampilan?
  7. Mengapa dalam menelaah skenario mahasiswa harus menggunakan seven jumps?
  8. Bagaimana cara mengalaisa terminologi medis?
  9. Apa saja yang dipelejari dalam EBM?

·      Step 3 : Analisa Masalah
  1. Kompetensi di FK ada enam (6), dengan berkompetensi dalam keterampilan dan penilaian.
  2. Karena dengan PBL, mahasiswa jadi lebih aktif, mandiri dalam mencari bahan-bahan (seperti dengan diskusi, melalui internet, media, dan lain-lain), dan lebih siap dengan kasus baru. PBL merupakan metode paling efektif karena mahasiswa dapat mendalami dua teknik yaitu, teknik belajar dan komunikasi.
  3. Karena dalam PBL menggunakan prinsip Student Centered Learning (SCL).
  4. Cara menilai kemampuan diri sendiri : dengan bersikap objektif, tidak mudah minder, dan menerima usulan orang lain.
  5. Cara membiasakan diri belajar sepanjang hayat : menanamkan pada diri sendiri keinginan untuk belajar, menerapkan belajar mandiri sehingga nanti akan terbiasa, dan jangan pernah puas terhadap apa yang telah diketahui. Karena ilmu itu berkelanjutan, terus tumbuh dan berkembang jadi  harus up to date terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.
  6. Skills lab, praktikum.
  7. Karena seven jumps akan mempermudah dalam menemukan masalah supaya lebih terarah dalam menganalisa skenario, serta dapat mengetahui arti terminologi medis.
  8. Mengartikan kata atau sub kata yang ada, kemudian dilogikakan atau disesuaikan maknanya dengan kehidupan sehari-hari.
  9. Mencari rumusan masalah, mempelajari penyebab, dampak dari suatu masalah, menelusuri bukti yang ada, dan bisa mengaplikasikannya kepada pasien.

·      Step 4 : Pengkajian yang Sistematik

 (Ket: skema ini kurang lengkap, pas mindahin dari laporan asli ke postingan ini ada yang kepotong bagian atas nya. Harusnya ada Pembelajaran di FK, bawahnya KBK, kemudian dibawah KBK baru ada Metode PBL yang diatas itu) 
·      Step  5 : Learning Objectives
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang:
  2. Kurikulum KBK di FK
  3. Metode PBL
  4. Proses pembelajaran di FK
  5. Evaluasi dalam PBL
  6. Perbedaan PBL dengan sistem konvensional
  7. Cara menganalisis terminologi kedokteran
  8. Cara menilai kemampuan diri sendiri
  9. EBM
  10. Konsep belajar sepanjang hayat (Lifelong Learning)

·      Step  6 : Belajar Mandiri (mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang LO di step 5 dari berbagai sumber)
·      Step 7 : Mendiskusikan LO tersebut dengan mengemukakan hasil belajar mandiri di step 6. Langkah ini dilakukan di hari kedua dengan durasi waktu sama dengan step 1 sampai step 5 di hari pertama. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya langkah terkahir ini.

Kemudian di esok harinya itu ada yang namanya Diskusi Pleno. Setiap kelompok tutorial akan mempersentasikan hasil tutorialnya dalam minggu tersebut. Dimana 2 kelompok akan maju secara random. Mau tak mau semua kelompok harus sudah mempersiapkan slide presentasinya sebelum diskusi pleno tersebut berlangsung. Inget lho bahwa diskusi pleno itu besoknya setelah tutorial kedua berarti harus sigap dalam mengerjakan tugas tersebut. 
Yaah, beginilah rutinitas yang akan selalu dilakukan oleh mahasiswa pendidikan dokter Universitas Andalas. Mau ga mau harus dinikmati euy !

Laporan lengkap bisa diunduh di link berikut:
semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

8 komentar:

  1. thaanks adee! Adhe juga berjuang! sama-sama berjuang ya kita nyaa :D

    BalasHapus
  2. setelah diliat2 kok kayaknya lebih mantep ya di unand

    BalasHapus
  3. ah iya ya? ahahaha... :) tenang aja de. uns juga mantep ko. tiap universitas punya sistem sendiri kayanya de.. tunggu aja saatnya ;) o ya, minggu depan doni dah ujian ni de. besok masuk minggu ke 6. ujian blok pertama nih de d minggu k 7. doakan lancar ya :D

    BalasHapus
  4. caranya buat susunan laporan tutorial itu gmana yaa yg benar , tlg dong.. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. laporan yg benar? cukup sesuaikan ama step-step dari seven jumps aja Jannah, inti dari laporannya si sebenarnya ada di step yang ke 7, yaitu pembahasan dari LO. di postingan ini ga di lampirkan pembahasannya soalnya panjaaang. hehehe. btw, Jannah bikin laporan tutorial juga? FK mana tu?

      Hapus
  5. Ya Ampun,
    skenarionya sama bgtt dengan skenario aku skrg.
    100% SAMA
    hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. really??!! kalau boleh tau hannie ini fk mana yah?
      kenapa bisa sama begitu yaah?? wahwaaah enak dong :D
      jangan2 untuk kedepannya sama jugaa lagi :)

      Hapus