Tutorial, 'jantungnya' KBK di FK

22.43.00 doniapa 1 Comments

Senin, 6 Agustus 2012, adalah kali pertamanya mahasiswa Universitas Andalas tahun 2012 memulai dunia baru di kampusnya yaitu dunia mahasiswa. Saya dan teman-teman satu jurusan lainnya disuruh datang ke kampus sama senior tepat pukul 06.45 karena bakal dilaksanakannya upacara rutin awal blok bagi mahasiswa fakultas kedokteran. Tahukah anda apa yang terjadi? Pasti enggak. hahaha. Jadi, saya itu bangun tepat 15 menit sebelum waktu kesepakatan tadi. Ini semua gara-gara malamnya tidur agak larut dan disambung tidur abis subuh. huu.. Padahal biasanya memakan waktu 30 menit dari rumah ke kampus kalo naek angkot. Itupun saya belum siap-siap. Belum mandi lagi !! Namun, Alhamdulillah saya tidak terlambaaat ! fuuh.. di tengah perjalan menuju kampus, hujan turun dengan derasnya. Benar-benar tertolong. Thanks God !

Kita semua berkumpul di aula bersiap untuk memulai kuliah pertama yaitu kuliah tentang perkenalan Blok 1. Blok ini bertemakan "Pengenalan Pendidikan Dokter" Secara ringkas akan membahas semua yang terkait akan tatacara belajar di pendidikan dokter ini. mulai dari metode belajar, teknik komunikasi, pengenalan istilah-istilah kedokteran, hingga menyinggung biologi dan anatomi juga. Oke. sekarang yang ingin saya ceritakan yaitu tentang tutorial. Let's check it out.

Di postingan sebelumnya udah disinggung juga apa itu tutorialkan ya? bisa cek di sini. Terus itu gimana sih belajarnya? Tutorial itu adalah diskusi kelompok dengan tutor dijadwalkan 2 x seminggu. Setiap minggunya akan ada skenario yang dibahas. Skenario itu berisi masalah-masalah yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Nantinya kelompok tutorial akan menganalisis masalah itu dengan metode 7 jumps. Steps 1-5 pada tutorial hari pertama dan steps terakhir pada hari kedua. Apa aja?

7 jumps
1. Mengklarifikasi terminologi dan konsep
2. Menentukan masalah
3. Menganalisis masalah melalui  brainstorming  dengan menggunakan  prior
knowledge 

4. Membuat pengkajian  yang  sistematik  dari  berbagai    penjelasan yang didapatkan
pada langkah 3
5. Memformulasikan tujuan pembelajaran (Learning Objectives)
6. Mengumpulkan informasi di perpustakaan, internet, dll (belajar mandiri)
7. Sintesa dan uji informasi yang telah diperoleh

Masih bingung? mungkin masih ya. di postingannya selanjutnya saya akan coba posting hasil dari tutorial pertama ini. Kebetulan laporannya sedang dibuat oleh sekretaris saya. Jika sudah dikirim nanti, saya akan coba posting :) O iya, dalam kelompok tutorial tersebut ada ketuanya, dan saya diamanahkan untuk menjadi ketua kelompok 12 tersebut. Karena kami berada di grup B, yaitu kelompok tutorial 8-14, dan kelompok saya kelompok 12, maka saya menamakan kelompok kita dengan 'Cobalamin'. Diambil dari nama vitamin B 12. Semoga kelompok ini bakal aktif terus dalam diskusinya untuk satu tahun ke depan. Go Cobalamin !

You Might Also Like

1 komentar:

  1. keren nih capt. Cobalamin :D
    udah mulai ya kuliahnya? aku masih tgl 3 besok.

    oh y, situs yg kmarin km rekom udah aku masukin, mksh bnyk bantuannya. Sukses terus bro! viva FK :D

    BalasHapus